Latest News

Thursday, July 30, 2015

31 Juli Dunia Akan Nikmati 'Bulan Biru'

Fenomena bulan biru yang akan terjadi malam nanti (31-07-2015)
GuGuyNews.net - Fenomena langit akan kembali bisa dinikmati penduduk dunia pada 31 Juli esok. Blue moon atau bulan biru akan menghiasi malam. Apakah itu bulan biru?

Blue moon adalah fenomena penampakan bulan purnama yang terjadi lebih daripada sekali. Seperti yang diketahui, bulan pertama dalam Juli 2015 telah terlihat pada 2 Juli. Esok, bulan purnama kedua akan kembali terlihat.

Meski disebut blue moon, tak akan ada bulan berwarna biru. Istilah berasal dari petani Maine yang kemudian makin populer setelah majalah Sky & Telescope mempublikasikan tentang kesalahpahaman soal blue moon pada 1946 silam.

Kendati demikian, NASA mencatat blue moon yang muncul pada 1983 ternyata benar-benar berwarna biru. Sejumlah negara melihat hal tersebut karena momen tersebut diduga ada hubungannya dengan letusan Gunung Krakatau.

Ini karena letusan Krakatau yang berkekuatan 100 megaton bom nuklir tersebut membumbung hingga atmosfer terluar dan memuat penampilan bulan dari bumi menjadi biru.

Terlebih debu berisi partikel seluas satu mikron yang berukuran sama untuk gelombang panjang cahaya merah menyebabkan cahaya merah dan area penampakan bulan menghasilkan cahaya biru. Apakah besok bulan kedua akan berwarna biru pula?

No comments:

Post a Comment

Recent Post